Taman Pintar Yogyakarta, Taman Sains Terlengkap dan Ternyaman di Indonesia

Ada beberapa tempat wisata sains yang pernah saya kunjungi, beberapa diantaranya adalah PPIPTEK TMII Jakarta, Sambuga ITB dan Sundial Kota Baru Parahyangan Bandung. Namun dibandingkan dari tempat-tempat wisata tersebut di atas, Taman Pintar Yogyakarta terlihat lebih lengkap dan dikelola secara profesional. Memang saat memasuki gerbang depan kita belum merasakan keunggulan Taman Pintar dibandingkan tempat wisata sains lainnya. Justru udara panas Yogyakarta-lah yang membuat suasana kurang nyaman, terlebih wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta biasanya wisatawan yang berasal dari luar provinsi yang tentunya dalam keadaan lelah.

Peta Lokasi Taman Pintar, tidak jauh dari Malioboro, Taman Budaya dan Gedung Agung
Pintu Gerbang Taman Pintar

Taman Pintar terletak di Jl. Panembahan Senopati No. 1-3 Yogyakarta. Memasuki pintu gerbang, kita tidak dipungut biaya alias gratis. Kita dapat berkeliling dengan leluasa dan beristirahat sejenak selepas jalan-jalan di Malioboro yang memang tidak jauh dari Taman Pintar. Tiket hanya dijual apabila anda memasuki gedung Memorabilia, gedung Oval, Gedung Kotak dan Gedung PAUD.

Gedung Memorabilia, sebuah museum mini mengenai terbentuknya Kerajaan Yogyakarta dan kaitannnya dengan berdirinya  Republik Indonesia.

Halaman depan Taman Pintar dengan air mancur yang saling berhadapan.
Inilah pose wajib kalau kita berkunjung ke Taman Pintar seperti yang dilakukan salah seorang teman satu ini, Vega Zamaludin.
Kolam air mancur bermain anak-anak, mengobati gerahnya cuaca Jogja

Di bagian depan taman pintar terlihat ramai, anak-anak bermain bebas tetapi tempat yang paling favorit bagi anak-anak usia 3-10 tahun adalah tempat yang dipenuhi pancuran di sebelah kanan saat kita memasuki gerbang. Terpengaruh cuaca panas Yogyakarta anak-anak banyak yang mandi air mancur di tempat itu. Menyenangkan bagi mereka tapi bagi orang tua yang menunggui mungkin terasa membosankan.

Tempat yang paling menarik adalah gedung  Oval  yang berwarna kuning, dengan AC yang cukup dingin membuat kita nyaman berjalan-jalan mengitari ruangan beberapa lantai yang didisain unik jalan berputar tanpa tangga sehingga kita tidak merasa lelah untuk berkeliling antar lantai dan ruangan. Saat kita masuk kita langsung disuguhi aquariun ikan mini seperti di Sea World Ancol.

Bermacam-macam ikan di aquarium Gedung Oval Taman Pintar
Aquarium berisikan bermacam-macam ikan di pintu masuk Gedung Oval

Memasuki ruang utama terlihat setiap jengkal bangunan dimaksimalkan untuk memberikan manfaat ilmu pengetahuan bagi para pengunjung. Dari lantai, dinding hingga langit-langit yang dimanfaatkan nuansa luar angkasa dengan planet-planet yang mengitari membuat kita menikmati jengkal-perjengkal dari ruangan.

Gedung Oval bagian dalam berisikan bermacam demo sains
Langit-langit gedung Oval didesain seperti susunan tata surya.
Para petugas yang ramah siap memberikan demo sains di setiap wahana.

Ada beberapa wahana yang dapat kita lihat di Taman Pintar Yogyakarta.

  1. Demo Sains
  2. Rumah Batik
  3. Workshop Kreatifitas
  4. Rumah Gerabah
  5. Theater 4 Dimensi
  6. Memorabilia
  7. Zona Nuklir (diresmikan Oktober 2011)

Theater 4 Dimensi terletak di Gedung Kotak lantai 3. Kita dapat menyaksikan beberapa film 4 Dimensi yang tentunya sangat disukai oleh anak-anak.

Gedung Kotak, Theater 4 Dimensi terletak di Lt. 3

Bagi anak-anak Taman Pintar tentu akan menyenangkan tapi bagi ibu-ibu yang gemar belanja taman ini bukanlah tempat mereka.

Baca juga :
Tempat wisata di Kota Bandung dan sekitarnya
Tempat-tempat indah di Papua
World Traveling
About these ads

About 3wibowo

Indonesian
This entry was posted in Ilmu Pengetahuan, Indonesia, Sains, Science, Taman and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s