Wakil Ketua DPR: Pemda Sulut, Tanggung Jawab!

VIVAnews – Wakil Ketua DPR Pramono Anung dan Priyo Budi Santoso tidak satu suara menyikapi kecelakaan kapal rombongan Komisi III DPR di perairan Bunaken, Pelabuhan Manado, Sabtu lalu. Kecelakaan itu menewaskan anggota DPR Setia Permana dan istri anggota Fraksi Partai Demokrat, Sutjipto.

https://i2.wp.com/media.vivanews.com/thumbs2/2010/08/07/94026_alm--setia-permana--anggota-fraksi-pdip-dpr-ri_300_225.jpg

alm. Setia Permana, anggota Fraksi PDIP DPR RI

“Anggota DPR yang melakukan kunjungan kerja dilindungi oleh undang-undang, sehingga mereka harus diperlakukan sesuai standar keamanan yang berlaku,” kata Pramono di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin, 9 Agustus 2010.

Ia menekankan, acara melancong rombongan Komisi III ke Bunaken itu pun masih satu paket dengan kunjungan kerja mereka ke Manado. “Jadi mereka masih sebagai tamu pemerintah daerah,” tegas Pramono.

Oleh karena itu, imbuhnya, kepolisian setempat harus memberi jaminan keamanan kepada rombongan Komisi III itu. “Kami minta Pemda (Sulut) bertanggung jawab atas tragedi ini,” tandas politisi dari PDI Perjuangan ini.

Ia menyatakan, kapal yang ditumpangi Komisi III pun tergolong tidak layak, karena kapal itu nyatanya langsung hancur berkeping-keping begitu dihantam ombak pertama.

“Ini sangat memprihatinkan,” kata Pramono. PDIP memang kehilangan salah satu kadernya, Setia Permana, dalam tragedi kapal pecah itu.

Secara terpisah, Priyo lebih memilih agar DPR menyerahkan soal kecelakaan kapal itu kepada Polda dan Pemda Sulawesi Utara. DPR tidak perlu membentuk tim investigasi.

“Serahkan penyelidikan ke Polda dan Pemda setempat,” kata Priyo. Ia menilai, faktor musibah tak dapat dilepaskan dalam tragedi itu.

Bagaimanapun, Priyo menyesalkan kenapa kapal itu berlayar tanpa pelampung. Apalagi, ujarnya, Komisi III usai melakukan tugas negara dalam kunjungan kerjanya ke Manado.

“Kok bisa alpa tanpa pelampung? Tidak lazim kapal yang dinaiki pejabat negara tidak memiliki pampung. Bagaimanapun, itu musibah,” tutup Priyo.

(kd)• VIVAnews

About 3wibowo

Indonesian
This entry was posted in Politik and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s