Buku Tamu Mbah Maridjan

Mbah Maridjan yang bergelar Mas Penewu Ki Suraksohargo atau penjaga Gunung Merapi meninggal dunia dalam usia 83 tahun saat dihantam awan panas ‘wedhus gembel’ pada Selasa 26 Oktober lalu, sekitar pukul 18.02 WIB.

Rumah dan kampung Kinahrejo, Sleman, DIY, hancur berantakan. Tetapi, ada beberapa benda yang terselamatkan dari rumah Mbah Maridjan.

“Diantara benda-benda yang terselamatkan adalah 2 (dua) buah Buku Tamu mulai Juni 2007 hingga Mei 2009,” kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sleman, Shavitri Nurmala Dewi, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews.com, Jumat 29 Oktober 2010.

Menurut wanita yang biasa disapa Evi ini, dua buku tamu itu ditemukan di reruntuhan rumah Maridjan yang rusak terbakar awan panas. Rencananya, buku itu akan dimasukkan dalam koleksi Museum Gunungapi Merapi (MGM).

Evi menyebutkan, kedua buku tamu Maridjan itu ditemukan Darmadi dari Desa Wisata Brayut yang turut menjadi relawan untuk melakukan evakuasi korban Rabu pagi 27 Oktober 2010. “Kondisi buku 95 persen utuh, hanya sedikit terbakar dan kotor berdebu,” tulis Evi.

Saat ini buku tamu itu masih disimpan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, untuk kemudian nantinya akan diserahkan ke pihak museum. Buku itu bisa menjadi bukti otentik kesejarahan tentang juru kunci Mbah Maridjan.  “Oleh karenanya sangat tepat dokumen asli itu nantinya diserahkan ke museum,” ujar dia.

Museum itu memang menampung segala fenomena kegunungapian dan seluk beluknya. Termasuk sejarah letusan Gunung Merapi yang merupakan salah satu salah satu gunungapi paling aktif di dunia.

Mbah Maridjan bersama 33 orang lainnya tewas karena tersapu awan panas. Salah satu korban tewas adalah rekan kami Redaktur Senior VIVAnews.com, Yuniawan Wahyu Nugroho.

sumber:  VIVAnews.com

About 3wibowo

Indonesian
This entry was posted in Alam, Bencana Alam, Geografi, Gunung, Letusan, Sejarah and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s